Model AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action)
Model AIDA adalah salah satu model hirarki
respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan
kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian,
mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan
tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting
adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal
konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai
usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163
dalam Nurbenny 2005:38).
Teori keputusan pembelian dalm model AIDA
dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Sumber :
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar