Jumat, 16 Januari 2015

PENGALAMAN WALK INTERVIEW KRIYA MANDIRI

PENGALAMAN WALK INTERVIEW KRIYA MANDIRI        

Assalmualaikum Wr. Wb
            Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya dalam mengikuti walk interview untuk program kriya mandiri. Sebelum bercerita jauh ke sana, saya akan beritahu terlebih dahulu tentang apa itu program kriya mandiri. Kriya mandiri merupakan program belajar kerja terpadu atau bisa juga dikatakan sebagai program magang di Bank Mandiri, dimana periode untuk program ini sendiri sampai dengan 3 tahun.
            Nah.. sekarang saya akan bercerita tentang pengalaman saya mengikuti walk interview untuk program kriya mandiri. Awalnya saya mendapatkan info akan ada walk interview kriya mandiri itu dari teman saya melalui BBM yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2014 di plaza bapindo sudirman kanwil V. Singkat cerita saya dan teman saya  datang ke plaza bapindo untuk ikut walk interview dilantai 8, saya dan teman saya tiba disana pukul 08.00 dan ternyata sesampainya disana sudah banyak sekali calon pelamar yang mengantri untuk malaksanakan walk interview. Ada sekitar 250 orang lebih kalau tidak salah yang mengikuti walk interview tersebut, banyak bener. Hehe
            Setelah registrasi selesai seluruh peserta walk interview diharapkan untuk segera memasuki ruangan auditorium guna mendapatkan penjelasan lebih detail tentang program kriya mandiri, karena keterbatasan tempat akhirnya saya dan teman saya hanya memperhatikan penjelasan itu dari luar ruangan. Adapun informasi yang bisa saya tangkap dari penjelasan yang diberikan adalah bahwa program kriya mandiri ini lebih merupakan program permagangan (seperti penjelasan saya di atas) dengan periode selama 3 tahun, program ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang profesional terlebih untuk bagian teller bank, dan terakhir program ini bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK, D1, D2, D3 maupun S1 dengan uang saku (lebih umumnya gaji) yang berbeda beda tentunya sesuai dengan jenjang pendidikannya. Kebetulan pedidikan terakhir saya adalah S1, untuk S1 sendiri pihak mandiri memberikan uang saku sebesar 2,6 juta dan akan naik setiap tahunnya.
            Okeh... Setelah semua informasi selesai diberikan semua peserta diwajibkan untuk mengumpulkan CV dan dokumen lainnya di meja yang telah disediakan. Tahapan awal dari proses seleksi ini adalah nantinya setiap 10 orang akan di panggil dan memasuki ruangan dimana setiap 10 orang wajib memperkenalkan dirinya di depan para bapak/ibu dari pihak bank mandiri, untuk test perkenalan diri ini sebisa mungkin untuk tetap santai dan tidak terburu buru. Apabila nantinya lulus dari test perkenalan ini nantinya akan berlanjut ke tahapan interview, alhamdulillah saya dan teman saya lulus pada tahapan perkenalan diri. Semua peserta yang lulus tahap perkenalan diri selanjutya akan langsung ke tahapan interview hari itu juga, interview dilakukan oleh satu orang ibu ibu (tidak tahu jabatannya apa) dengan 2 pelamar sekaligus. Dikarenakan banyak nya jumlah pelamar, saya dan teman saya akhirnya mendapatkan giliran interview pada sore hari. Selesai interview semua pelamar diperbolehkan untuk pulang, dan apabila lulus tahapan interview nantinya akan berlanjut untuk tahapan psikotes.
            Tanggal 12 Desember 2014 saya dan teman mendapatkan sms dari bank mandiri yang menyatakan bahwa  di rekomendasikan untuk ke tahapan psikotes yang akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 17 Desember 2014 pukul 09.00 bertempat di bank mandiri jakarta taman ismail marzuki, cikini. Berhubung teman saya ada panggilan interview dengan bank tetangga dihari yang sama, jadi saya datang sendiri ke bank mandiri TIM untuk psikotes. Dalam pelaksanaannya pihak bank mandiri tidak melakukan kegiatan psikotes sendiri, mekainkan bekerja sama dengan SHLDIRECT semacam lembaga psikotes begitu lah. Psikotes saat itu tidak banyak hanya satu psikotes yang dikerjalan yaitu test PAULI, psikotes dilakukan selama satu jam selesai itu pelamar di perbolehkan pulang dan menunggu selama 2 minggu untuk menunggu hasil psikotes tersebut. Apabila lulus dari tahapan psikotes para kandidat akan lanjut ke tahapan final interview dan alhamdulillah saya masih lanjut untuk mengikuti final interview. Final interview dilaksanakan tanggal 30 Desember 2014, dari yang awalnya ratusan pelamar sekarang cuma tersisa 7-8 orang kalau tidak salah termasuk saya. Pada saat final interview saya hanya di tanya tentang keluarga, kegiatan selama dikampus, selebihnya tentang diri kita sendiri, interview nya santai kita cuma cerita cerita doang yang interview juga enak lah perempuan masih muda wehehe. Setelah itu saya diperbolehkan pulang dan nanti akan di informasikan kembali untuk tahap medical check up.
            Tiga hari kemudian tepatnya tanggal 2 Januari 2015 saya di telpon untuk melakukan medical check up tanggal 5 januari 2015 di klinik sahid sahirman sudirman jam 07.00 dan sehari sebelumnya di anjurkan puasa dari jam 10 malam. Tanggal 5 Januari nya saya datang ke klinik sahid sahirman sudirman jam 7 pas, di situ ternyata sudah banyak yang juga ngantri  untuk medical check up mandiri diluar dari program kriya mandiri. Pertama tama saya datang langsung isi biodata yang sudah disiapkan, kemudian registrasi nama yang nantinya dipanggil untuk melakukan medical check up. Tidak lama kemudian nama saya dipanggil, tahapan awal nya saya paparin dibawah :
1. Periksa mata, disitu saya di suruh untuk membaca/menyebutkan angka yg terdapat pada buku test mata lah saya nyebutnya, yang banyak corak warnanya dan dibutuhkan juga ketelitian. Setelah itu mata saya ditempelkan ke suatu alat dan kemudian disuruh menyebutkan huruf alfabet yang ada di layar dengan jarak pandang yang lumayan jauh, dokternya bilang mata saya masih bagus/normal.
2. Pengambilan darah, pengambilan darah dilakukan dilantai 2 klinik prosesnya juga tidak lama, setelah itu saya di kasih botol kecil untuk pengambilan urine.
3. Pemeriksaan jantung, terlebih dahulu muka saya di foto selesai itu saya disuruh berbaring di tempat tidur kemudian badan, kaki dan tangan saya di tempel dengan alat alat.
4. THT, pemeriksaan dilakukan di lantai 1. Bagian yang di periksa adalah kuping, hidung, dan mulut prosesnya juga cepat.
5. Pemeriksaan oleh dokter umum, saya kembali lagi ke lantai 2 disitu saya diperiksa biasa dari mulai kepala, mulut, perut, dan terakhir tensi darah. Dokternya juga menanyakan tentang riwayat penyakit, pernah menggunakan narkoba, alkohol apa tidak, dan olahraga apa yang dijalani.
6. Rontgen, Prosesnya cepat Cuma disuruh buka baju kemudian badan saya disuruh untuk menghadap ke tembok, setelah itu pungung saya di rontgen seperti di foto.
7. Test pendengaran, Saya disuruh masuk ke dalam ruangan yang kedap suara yang didalam nya sudah disiapkan headphone untuk di dengarkan dan sebuah tombol yang fungsinya untuk menandakan bahwa kita mendengar suara.
8. Mengukur tinggi, berat badan, dan pernapasan. Untuk mengukur tinggi dan berat badan itu normal seperti biasa. Sedangkan untuk tes pernapasan kita diberikan semacam potongan pipa yang nantinya pipa tersebut dimasukkan ke suatu alat, pipa tersebut nantinya dimasukkan juga ke mulut. Ambil nafas dari hidung kemudian keluarkan semacam dihentak sebanyak 3 kali.
9. Terakhir adalah periksa USG, disini saya juga baru tau kalau laki laki juga harus di periksa USG. Haha. Pemeriksaannya sekitaran perut.
            Tepat zuhur medical check up semua selesai, info yang saya dapat kalau hasilnya akan di beritahukan lagi 2 minggu kemudian. Lumayan lama juga haha.



44 komentar:

  1. Ktika km mcu tgl 5 sblm nya pas tgl 4 ada yg mcu jg ga ? Trus pas diumumin hsl mcu nya di gbung dr tgl 4 januari smpe tgl 5 atau engga?

    BalasHapus
  2. Sebelumnya trimakasih informasinya mas, setelah itu berapa orang yang di terima apakah sudah ada kabar?

    BalasHapus
  3. wah trims infonya..
    bagaimana kelanjutan ceritanya?

    BalasHapus
  4. sampai saat ini, apakah masnya masih di kriya mandiri?bagaimana kelanjutan tesnya mas?tips untuk lulus tes apa saja mas?infonya dapat dari mana?dan berkas yang harus dilengkapi apa sja?mohon infonya mas :)

    BalasHapus
  5. Info kriya mandiri lainnya buka KRIYA MANDIRI BANK MANDIRI http://wp.me/p6GMcC-5 via @wordpressdotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur sembah nuwun ingkang katah nggih mas dony setiawan ☺

      Hapus
    2. Matur sembah nuwun ingkang katah nggih mas...sya boleh minta alamat emailnya mas?sya senang sekali dg dunia perbankan

      Hapus
  6. Oia temen-temen mau nanya, dikriya mandiri kan biasanya ada kriya mandiri batch 1, 2, 3 dst. itu mksdnya dibagi menjadi beberapa gelombang kah?

    BalasHapus
  7. saya mau tanya mas, kalau uang saku di jakarta dan jogja itu sama atau ada perbedaan kah sesuai umk di masing2 wilayah ?

    BalasHapus
  8. saya mau tanya mas, kalau uang saku di jakarta dan jogja itu sama atau ada perbedaan kah sesuai umk di masing2 wilayah ?

    BalasHapus
  9. Wah doakan saya juga ya mas . Bisa bergabung di kriya mandiri

    BalasHapus
  10. gan kalo kriya mandiri itu apaan si
    #mohon_dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program magang kerja bank mandiri selain itu kt bs dpt beasiswa untk di sekolahkan lg di universitu

      Hapus
    2. Program magang kerja bank mandiri selain itu kt bs dpt beasiswa untk di sekolahkan lg di universitu

      Hapus
    3. Program magang kerja bank mandiri selain itu kt bs dpt beasiswa untk di sekolahkan lg di university

      Hapus
    4. Kalau lagi kuliah saat interview jawab kuliah atau tidak ka?

      Hapus
  11. mas, backgroundnya ganti. mata saya sakit

    BalasHapus
  12. Mas kalo tes prtama kmrin itu uda ada hasilnya atau belum ?
    Mohon infonya,terima kasih😊

    BalasHapus
  13. Mas kalo tes prtama kmrin itu uda ada hasilnya atau belum ?
    Mohon infonya,terima kasih😊

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mas itu tinggi badan nya minimal berapa yaa?

    BalasHapus
  16. Infonya sangat bermanfaat sekali mas..terima kasih.
    Alhmdulillah saya hari jumat test final interview semoga lancar n lulus..amin

    BalasHapus
  17. mas mbak maksud identipication number itu apa ya? tolong bantuan nya

    BalasHapus
  18. kira2 kapan pengumuman untuk mulai test nya ya, apabila daftar nya baru november 2016 ? infonya dong kakak :) trimakasih

    BalasHapus
  19. mas, backgroundnya ganti. biar enak bacanya.
    lalu mas apakah kita mendapatkan gaji ?
    kemudian kerjaanya ngapain aja ya?
    monggo di jawab mas
    terimakasih

    BalasHapus
  20. Bantu jawab guys , untuk mata minus di kriya tidak apa apa . Allhamdulillah saya sudah 2thun di kriya mandiri

    BalasHapus
  21. Untuk kriya kita dptnya uang saku bukan gaji krn ini proses pemagangan . Uang saku pun di tentukan dgn lulusan . Klo sudah min d3 bisa ikut test pkwt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak sulis ada cp? ato hangouts? Mau tanya2 ttg kriya thanks

      Hapus
  22. apakah ada yg dpet panggilan interview tgl 22 maret 2017 di jakarta , region III

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dapet nih besok. Barengan dong

      Hapus
    2. Mb lusi ayo dri daerah mana? @lusiyulianna

      Hapus
    3. Udah dapet panggilan psikotes belum mba untuk besok?minta kontak mba

      Hapus
  23. Untuk persyaratan transkrip nilai kalau tdk dpt dri smk , bagaimana yaa

    BalasHapus
  24. mau tanya, kriya mandiri kn program magang periode ny 3th..trus stelah 3th selanjut ny bgmna ya? apkah kerja kita slesai atau dibrhentikan? atau stelah ny menjadi karyawan tetap? tolong bantu jawab. terimakasih

    BalasHapus
  25. Kak, mau tanya. Kalo di web mandiri kita pilih belum lulus S1, bgmn? Thanks

    BalasHapus
  26. tugasnya apa mba dikriya mandiri? dan uang saku untk llusan S1 brapa ya? dan utk penempatan wilayah kerja dijkarta sndiri itu sesuai domisili atau ada mestnya mba? trimakasi �� @Indah Sulis

    BalasHapus
  27. Ada yg dapat panggilan untuk 15 November 2017 dijakarta?

    BalasHapus
  28. Ada yang dapat panggilan tgl 20 november di jkt?

    BalasHapus