KEPUTUSAN PEMBELIAN
Menurut Kotler (2002), keputusan pembelian adalah tindakan dari
konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Dari berbagai faktor
yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa,
biasanya konsumen selalu mempertimbangkan kualitas, harga dan produk sudah yang
sudah dikenal oleh masyarakat Sebelum konsumen memutuskan untuk membeli,
biasanya konsumen melalui beberapa tahap terlebih dahulu yaitu, (1) pengenalan
masalah, (2) pencarian informasi. (3) evaluasi alternatif, (4) keputusan
membeli atau tidak, (5) perilaku pascapembelian. Pengertian lain tentang Keputusan
pembelian menurut Schiffman dan Kanuk (2000: 437) adalah “the selection
of an option from two or alternative choice”. Dapat diartikan, keputusan
pembelian adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari
beberapa alternatif pilihan yang ada.
Berdasarkan definisi diatas disimpulkan bahwa keputusan pembelian
adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah
produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembelian konsumen merupakan
suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaian masalah
dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi
pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.
Peranan
Konsumen Dalam Keputusan
Pembelian
Menurut Swastha dan Handoko (2011) berpendapat
bahwa lima peran individu dalam sebuah keputusan membeli, yaitu:
- Pengambilan inisiatif (initiator): individu
yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu atau yang mempunyai
kebutuhan atau keinginan tetapi tidak mempunyai wewenang untuk melakukan sendiri.
- Orang yang mempengaruhi (influencer): individu
yang mempengaruhi keputusan untuk membeli baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
- Pembuat keputusan (decider): individu
yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli,
bagaimana membelinya, kapan dan dimana membelinya.
- Pembeli (buyer): individu yang
melakukan pembelian yang sebenarnya.
- Pemakai (user): individu yang
menikmati atau memakai produk atau jasa yang dibeli.
Sebuah perusahaan perlu mengenai peranan tersebut
karena semua perananmengandung
implikasi guna merancang produk, menentukan pesan danmengalokasikan biaya anggaran
promosi serta membuat program pemasaran yangsesuai dengan pembeli.
Sumber
:
http://pend-ekonomi.blogspot.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar